AWAS: Kenali Ciri-Ciri Murai Batu Stres dan Cara Mengatasinya

Berfaedah.com - Burung murai batu juga bisa stres seperti halnya manusia. Kondisi stres pada murai batu tentu menjadi hal yang tidak baik bagi kesehtan, karena dapat mempengaruhi fisik serta mentalnya. Kondisi seperti ini dapat dialami oleh murai batu jinak maupun liar. Ketika murai batu mulai stres, segera kenali penyebabnya. Sehingga dapat dilakukan pencegahan secara tepat dan pemberian obat dengan benar. Ketahuilah obat untuk murai batu stres pada artikel ini, tentunya disertai dengan panduan pemberian obat agar memudahkan Anda dalam merawat murai batu stres. Tapi sebelumnya, Anda harus mengerti mengapa murai batu bisa stres.

Burung murai batu yang sedang stres akan mengalami perubahan secara emosional, fisik, serta metabolisme. Oleh karena itu, murai batu stres jangan dibiarkan begitu saja. Harus segera ditangani, karena dapat menjadi parah bahkan bisa mati. Kenali ciri-cirinya berikut ini:

ciri-ciri-murai-batu-stres
Sumber: burungnya.com

Ciri-Ciri Murai Batu Stres

  • Burung murai batu yang tadinya mau makan voer, tiba-tiba tidak mau makan voer.
  • Murai batu mengalami perubahan yang awalnya jinak kemudian menjadi liar.
  • Semula murai batu gemar berkicau, gacor, serta lincah. Lalu menjadi macet bunyi atau pendiam.
  • Ciri-ciri murai batu stres yaitu mengembung atau mengembangkan bulunya meskipun sedang aktif bergerak dan masih mau makan.
  • Perubahan perilaku murai batu dengan menyakiti dirinya sendiri dan menggigit tangan yang memberi pakan.

Baca Juga :
1. AWAS: Kenali Ciri-Ciri Murai Batu Medan Asli dan Berkualitas
2. 5 Cara Mengatasi Murai Batu Galak dengan Mudah

Setelah Anda mengetahui ciri-ciri murai batu stres, langkah selanjutnya segera lakukan pengobatan pada murai batu. Karena jika ditunda, khawatirnya kondisi murai batu menjadi semakin parah. Namun sebelumnya, perlu Anda ketahui sebanarnya apa sih penyebab dari stresnya burung murai batu? Simak penjelasannya berikut ini:

Penyebab Murai Batu Stres

  • Burung murai batu merasa terganggu dengan adanya hewan atau predator lain, seperti kucing, anjing, ular, dan lainnya.
  • Murai batu stres dikarenakan terkena polusi udara atau asap.
  • Suara bising atau keramaian, seperti kendaraan berlalu-lalang membuat stres murai batu.
  • Stres pada murai batu dapat disebabkan karena pergantian tangkringan atau tenggeran sangkar burung.
  • Murai batu merasa tidak nyaman tinggal di sangkar yang baru.

Jadi itulah penyebabnya mengapa murai batu bisa stres. Sebagai pengobatannya, berikut ini terdapat beberapa obat yang dapat diberikan untuk mengatasi murai batu agar tidak stres.

Cara Mengatasi Murai Batu Stres

1. Vitamin

cara-mengatasi-murai-batu-stres

Salah satu cara mengatasi murai batu stres yaitu dengan memberikan vitamin setelah dimandikan. Vitamin ini memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh burung murai batu. Karena murai batu yang stres terlalu lama akan menjadi sakit kemudian mati. Selain vitamin, alternatif lain bisa diberikan EF (Extra Fooding). EF alami yang mudah ditemukan yaitu jangkrik, cacing, ulat hongkong UH, serta kroto.

Baca Juga :
1. TERLENGKAP: Inilah Cara Merawat Murai Batu Agar Cepat Gacor
2. 7 Cara Mengatasi Murai Batu Ngelowo dengan Mudah

2. New Orbird

mengatasi-murai-macet-bunyi-karena-stres

Bagi yang belum tau, new orbird adalah nutrisi alami yang terbuat dari rempah pilihan serta bahan herbal untuk kesehatan, pencegahan, dan penyembuhan stres pada murai batu. Dapatkan nutrisi new orbird di tempat jual pakan burung. Untuk penggunaannya, campurkan new orbird pada air minum burung murai batu.

3. D2K Stress & Fit

cara-merawat-murai-batu-stres-macet-bunyi

Selain new orbird, terdapat obat lain yang dapat diberikan kepada murai batu yang sedang stres, yaitu D2K Stress & Fit. Jika Anda belum paham tentang obat ini, Anda dapat mengkonsultasikan dengan pakar burung atau bertanya kepada pemilik kios burung yang paham. Harga D2K Stress & Fit tidaklah mahal, akan tetapi ampuh membuat tenang murai batu yang stres. Penggunaan obat ini yaitu dengan cara mencampurkan pada air minum.

4. Rebusan Air Jahe

ciri-ciri-murai-batu-stres-dan-cara-mengatasinya

Rebusan air jahe dapat menghangatkan tubuh siapapun yang meminumnya, termasuk burung murai batu. Rebusan air jahe memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit pada murai batu. Selain itu rebusan air jahe juga dapat membuat murai batu merasa tenang, cocok untuk mengatasi murai batu stres. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu rebuslah air beserta jahe tunggu hingga mendidih. Setelah itu beri madu pada rebusan air jahe. Biarkan hingga dingin terlebih dulu, kemudian berikan kepada murai batu stres.

Baca Juga :
1. TERLENGKAP: Inilah Cara Ternak Murai Batu Sistem Poligami

5. Air Gula Merah

ciri-ciri-murai-batu-stres

Air gula merah menjadi minuman kesukaan murai batu. Dengan memberi air gula merah diharapkan dapat mengatasi stres pada burung murai batu. Air gula merah berkhasiat untuk menjadikan murai batu merasa nyaman, tenang, dan berstamina agar tidak mudah sakit.

6. Madu

cara-mengatasi-murai-batu-stres

Cara terakhir dalam mengatasi murai batu yang stres yaitu dengan memberikan madu. Rasa manis pada madu akan mengurangi tingkat stres dan juga memberi stamina pada murai batu. Jangan memberikan madu terlalu banyak. Cukup sedikit saja, namun diberikan secara rutin sehari tiga kali hingga kondisi murai batu berangsur pulih.

Alternatif
Selain 6 cara di atas, sebaiknya murai batu dipindahkan ke tempat yang tenang, nyaman, dan aman. Jauhkan dari suara bising atau keramaian. Bagi Anda yang tidak memiliki tempat yang tenang, lakukan kerodong dari sore hingga malam hari. Anda juga dapat menambah dengan suara terapi alam. Hal ini akan membuat tenang dan akhirnya murai batu menjadi tidak stres.

Cara lain untuk mengatasi murai batu stres dengan melakukan terapi menggunakan kandang umbaran. Tujuannya yaitu untuk menguatkan otot sayap dan mental murai batu. Untuk melakukan teknik terapi umbaran, latihlah secara bertahap dengan durasi satu hingga dua jam pada pagi dan sore hari.

Demikian ciri-ciri murai batu stres dan cara mengatasinya. Semoga berfaedah. Silakan share. Terima kasih.