AWAS: Inilah Jumlah ODP Corona di Garut yang Meningkat Tajam!

Berfaedah.com - Pemkab Garut membenarkan bahwa jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) Covid-19 atau virus Corona terus mengalami peningkatan. Pemkab menghimbau agar masyarakat di rumah saja.

Ricky Rizki sebagai juru bicara penanganan virus Corona Pemkab Garut mengatakan, saat ini warga Garut yang berstatus ODP Covid-19 mencapai 188 orang.

“Update data untuk jumlah ODP saat ini di Kabupaten Garut jumlahnya mencapai 188 orang,” kata Ricky, Rabu 25 Maret 2020.
odp-corona-di-garut-meningkat
Sumber: kompas.com
Jumlah ODP di Garut saat ini mengalami peningkatan. Padahal hari Senin 23 Maret 2020 Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman mengatakan bahwa warganya yang berstatus ODP di Garut berbanyak 90 orang.

Ricky mengatakan, untuk menekan jumlah ODP yang terus meningkat, pihaknya memberi arahan agar warga Garut menahan diri di rumah saja. Karena masyarakat yang tinggal di rumah, ikut serta berperan dalam upaya pencegahan pandemi virus Corona.

“Kami terus meminta kepada masyarakat untuk tetap berada di rumah saja. Tetap berada di rumah bukan berarti diam saja, justru seperti itu ikut berperan dalam mencegah peredaran Covid-19,” ucapnya.

Selain itu, Ricky juga mengatakan, masih banyak masyarakat yang perlu edukasi tentang istilah-istilah dalam Covid-19.

"Untuk warga yang berstatus Orang Dalam Pemantauan atau ODP, merupakan warga yang sempat bepergian ke luar negeri atau di dalam negeri yang menjadi daerah terjangkit virus Corona. Warga yang pernah bersentuhan dengan orang yang berstatus positif Corona tetapi tidak mengalami gejala, hal itu juga dapat dikatakan sebagai ODP," ucap Ricky.

"Sedangkan PDP adalah orang yang pernah bersentuhan dengan orang berstatus positif Corona dan mengalami gejala seperti sesak nafas, demam, dan batuk, serta dalam penanganan medis. Jadi, orang yang berstatus ODP dan PDP belum tentu positif Corona," tutup Ricky.

Baca Juga: Inilah Manfaat Tanaman Obat Keluarga (Toga) untuk Kesehatan

Demikin informasi tentang jumlah ODP Corona di Garut meningkat. Semoga berfaedah. Silakan share. Terima kasih.