Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar & Berputar Pelan

Berfaedah.com - Ada kalanya pengering mesin cuci tidak berputar atau hanya berputar pelan dan membuat pekerjaan mencuci menjadi terganggu dan tidak optimal. Jika sudah demikian, mungkin Anda akan kewalahan jika harus mencuci secara manual dan membuat banyak pekerjaan lain tidak terselesaikan. Membeli mesin cuci baru untuk cadangan memang dirasa perlu, namun cukup pemborosan untuk catatan keuangan.

Menyerahkan mesin cuci kepada jasa reparasi untuk diperbaiki adalah cara terbaik untuk membuat mesin cuci Anda kembali berfungsi normal. Mereka lebih mengerti tentang mesin dan bisa melihat akar masalah yang menyebabkan mesin cuci Anda tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Setelah mengetahui masalahnya, mereka pun akan melakukan perbaikan atau bila perlu dilakukan penggantian mesin.

pengering-mesin-cuci-tidak-berputar

Pengering Mesin Cuci 2 Tabung

Meski merek mesin cuci telah mengklaim produk mereka yang terbaik dan berkualitas bagus, rasanya tidak mungkin jika tidak mengalami kerusakan. Entah itu akibat pemakaian yang sudah lama atau kesalahan dalam pemakaian, pasti Anda pernah mengalami mesin cuci rusak tidak berputar. Selain itu, kendala lainnya seperti berputar dengan lambat, berbunyi dengung dan lain sebagainya.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui sumber masalah terjadinya kerusakan tersebut. Dengan begitu, langkah perbaikan selanjutnya bisa dilakukan dengan optimal dan pengering mesin cuci pun bisa berfungsi kembali. Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan kerusakan-kerusakan seperti di atas pada pengering mesin cuci Anda, antara lain:

1. Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar

Untuk pengering mesin cuci yang tidak bisa berputar sama sekali alias berhenti berfungsi, berikut ini beberapa penyebabnya, antara lain:

1.1. Dinamo Pengering atau Spin Rusak

Kerusakan karena dinamo mesin biasanya sering terjadi di kalangan masyarakat karena adanya lilitan dinamo yang putus. Padahal dinamo ini merupakan komponen penggerak utama mesin cuci. Beberapa kasus lain yang terjadi yaitu adanya lilitan short yang bisa menyebabkan mesin mengeluarkan suara dengung saat digunakan. Sayangnya, harga dinamo cukup mahal dan jika keluaran lama lebih baik beli baru.

1.2. Kapasitor yang Rusak atau Terbakar

Kapasitor yang ada di dalam mesin cuci juga bisa rusak atau terbakar karena digunakan terus-menerus sehingga efektivitas fungsinya semakin berkurang. Fungsi atau tugas dari kapasitor mesin cuci adalah untuk menyimpan dan melepaskan arus secara terus menerus.

1.3. Terdapat Sambungan Kabel Terputus

Pengering mesin cuci tidak berputar bisa juga disebabkan oleh kerusakan pada kabel karena terputus dan hal ini cukup sering terjadi. Seperti yang diketahui bahwa dalam sebuah sistem mesin, instalasi kabel sangatlah penting. Kabel terputus bisa disebabkan karena digigit tikus atau memang sudah usang.

1.4. Tali Rem Pengering Putus

Di dalam mesin cuci, khususnya pada dinamo terdapat rem pengering yang berfungsi untuk mengerem putaran mesin. Jika tali rem pengering terputus atau rusak, maka kondisi kampas macet dan mesin tidak dapat berputar kembali karena mengerem terus. Sistem atau mekanisme kerja tali rem pengering ini sebenarnya cukup sederhana. Jika Anda mengerti bisa memperbaiki sendiri di rumah tanpa membawanya ke jasa reparasi.

2. Penyebab Pengering Mesin Cuci Berputar Pelan atau Lambat

Selain pengering mesin cuci tidak berputar, bisa juga putarannya lambat/pelan yang disebabkan oleh beberapa hal berikut ini, antara lain:

2.1. Motor Dinamo Melemah

Jika dinamo melemah, maka kinerja mesin cuci akan melemah dan mempengaruhi putaran mesin itu sendiri menjadi lebih lambat. Biasanya, motor dinamo yang lemah ini disebabkan oleh pemakaian yang sudah terlalu lama atau dimakan usia. Karena sudah lama dipakai, maka performa motor dinamo itu menjadi lemah dan kurang optimal.

2.2. Nilai Kapasitas Kapasitor Berkurang

Berkurangnya kapasitas kapasitor bisa membuat putaran mesin cuci yang lambat/pelan hingga pengering mesin cuci tidak berputar lagi. Jika terjadi hal demikian, biasanya akan dilakukan pergantian dengan kapasitas yang sama dengan sebelumnya. Hal ini karena kapasitor yang lemah tidak memiliki cukup tenaga atau torsi untuk melakukan putaran pada tabung pengering spin.

2.3. Beban Baju Terlalu Banyak

Cukup sepele, terlalu banyak beban atau baju yang dimasukkan ke dalam mesin cuci ternyata juga bisa membuat putaran mesin lambat. Jadi, jangan terlalu banyak memberi beban mesin cuci agar mesin tidak terlalu terbebani dan perputarannya menjadi lebih pelan atau lambat.

Penyebab Pengering Mesin Cuci 1 Tabung Tidak Berputar


pengering-mesin-cuci-1-tabung-tidak-berputar

Kerusakan dan penyebab-penyebab yang dijelaskan di atas biasanya terjadi pada mesin cuci 2 tabung. Namun, mesin cuci 1 tabung pun bisa mengalami pengering mesin cuci tidak berputar atau lainnya seperti berikut ini:

1. Drain Motor Mengalami Kerusakan

Drain motor itu sendiri berfungsi dalam proses pembuangan air, sebelum masuk ke proses pengeringan. Jika terjadi kerusakan pada drain motor, maka proses pengeringan pun tidak akan berjalan lancar. Hal ini karena sensor di dalam mesin cuci masih membaca adanya air di dalam tabung. Kerusakan pada drain motor bisa saja disebabkan karena ada kabel yang terputus atau drain motor itu sendiri yang rusak.

2. Modul Board Rusak

Beberapa orang mungkin mengalami kondisi mesin cuci yang tiba-tiba mati saat proses pengeringan. Hal ini bisa saja terjadi karena adanya kerusakan pada modul board mesin cuci. Kerusakan yang terjadi pada modul board mesin cuci memang cukup sulit untuk diperbaiki. Biasanya jasa reparasi akan lebih menyarankan Anda untuk membeli mesin cuci yang baru.

Baca Juga :
1. Baru atau Bekas? Inilah Tips Membeli Mesin Cuci yang Tepat
2. 5 Cara Memakai Mesin Cuci Otomatis yang Baik dan Benar

Nah, itulah beberapa hal yang menyebabkan pengering mesin cuci tidak berputar atau berjalan lebih lambat dari biasanya. Jika sudah demikian, sebaiknya bawa ke tempat atau jasa reparasi agar bisa berfungsi dengan baik kembali. Semoga informasinya berfaedah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel