Baru atau Bekas? Inilah Tips Membeli Mesin Cuci yang Tepat

Berfaedah.com - Mesin cuci merupakan salah satu peralatan rumah tangga modern yang dibutuhkan banyak orang. Selain digunakan secara personal, mesin cuci merupakan kebutuhan pokok bagi pelaku usaha laundry. Oleh sebab itulah agar pekerjaan lancar sebaiknya pakai mesin cuci yang berkualitas bagus. Jangan salah beli, ikuti beberapa tips membeli mesin cuci dari mereka yang sudah berpengalaman.

Di pasaran Anda akan dengan mudah bisa menemukan mesin cuci dalam berbagai merk dan spesifikasi. Bukan hanya mesin cuci baru saja, Anda juga bisa membeli mesin cuci yang second atau bekas namun masih bagus digunakan. Mau mesin cuci yang baru ataupun bekas sebenarnya semua kembali pada kebutuhan dan dana Anda masing-masing.

Hanya saja baik itu mesin cuci baru ataupun yang bekas, pastikan bahwa kualitasnya masih bagus. Gunakan tips membeli mesin cuci baik baru maupun bekas sebagai panduan saat akan memilihnya dan membawanya pulang.

Untuk membantu Anda ketika akan memilih dan membeli mesin cuci, ikuti langkah-langkah berikut ini.

tips-membeli-mesin-cuci

5 Cara Memilih dan Membeli Mesin Cuci Baru

1. Lihat Kapasitas dari Mesin Cuci

Saat akan membeli dan memilih mesin cuci jangan lupa lihat berapa kapasitas atau daya tampungnya. Mengapa ini penting? Kapasitas mesin cuci akan mempengaruhi efektivitas pekerjaan dan juga konsumsi listrik rumah Anda. Sebaiknya beli mesin cuci yang mempunyai kapasitas cukup besar agar pakaian yang dicuci memiliki ruang gerak yang cukup.

Pergerakan baju dalam mesin cuci akan mempengaruhi tingkat kebersihannya. Semakin luas ruangan dalam mesin akan membuat baju leluasa bergerak sehingga hasil cucian lebih bersih. Selain itu dengan kapasitas mesin yang besar Anda bisa mencuci lebih banyak baju sehingga bisa lebih menghemat konsumsi daya listrik.

2. Sesuaikan dengan Tujuan

Tips membeli mesin cuci yang berikutnya adalah apa tujuan Anda membeli mesin cuci tersebut. Jika Anda membeli mesin cuci untuk dipakai dalam kebutuhan rumah tangga saja pastinya tidak akan sama jika akan digunakan untuk usaha laundry.

Mesin cuci yang digunakan hanya untuk rumah tangga saja mungkin tidak membutuhkan kapasitas besar seperti kalau akan digunakan untuk laundry. Mesin cuci yang hanya dipakai untuk rumah tangga saja mungkin tidak butuh fitur selengkap laundry.

3. Sesuaikan dengan Dana

Selain mempertimbangkan tentang kebutuhan dan penggunaan mesin cuci nantinya, sebaiknya Anda juga memperhatikan besarnya dana yang tersedia. Jangan memaksakan diri membeli mesin cuci yang harganya jauh lebih mahal dari dana yang telah Anda siapkan. Sekarang ini sudah cukup banyak mesin cuci berkualitas bagus dengan harga yang terjangkau.

4. Lihat Kecepatan Putarnya atau Spin Speed

Hal penting lainnya yang harus Anda perhatikan dalam tips membeli mesin cuci yaitu berapa besar kemampuan berputarnya. Kemampuan putar atau spin speed dari mesin cuci akan berpengaruh pada seberapa cepat cucian Anda bisa kering. Kecepatan putar mesin cuci ini akan menjadi hal penting bagi mereka pelaku usaha laundry.

Mesin cuci yang memiliki kecepatan putar lebih tinggi akan mampu mengurangi kadar air pada baju lebih banyak. Bisa dikatakan mesin yang mampu berputar lebih cepat akan membuat baju bisa lebih cepat kering. Pada umumnya mesin cuci yang bagus setidaknya mempunyai kecepatan putar 1200 rpm. Untuk bahan lebih tebal seperti handuk dan sejenisnya mungkin Anda butuh yang 1800 rpm.

5. Fitur Pada Mesin Cuci

Fitur apa saja yang terdapat pada mesin cuci juga menjadi hal yang cukup penting. Seperti apa yang dijelaskan dalam tips membeli mesin cuci misalnya adanya fitur “Quick Wash” akan sangat membantu Anda yang sibuk. Mesin dengan fitur tersebut mampu mencuci baju hanya dalam waktu sekitar 15-30 menitan saja. Cocok untuk cucian yang sedikit atau hanya untuk menghilangkan noda saja.

Lalu bagaimana kalau Anda tertarik untuk membeli mesin cuci yang bekas saja. Silahkan simak tipsnya berikut ini.

2 Cara Memilih Mesin Cuci Bekas


tips-membeli-mesin-cuci-bekas

1. Lihat Kelengkapan Mesin

Jangan menyepelekan kualitas dari barang bekas selama perawatannya bagus tidak akan kalah dengan yang baru. Begitu juga ketika Anda akan membeli mesin cuci bekas yang bagus ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Cara dan tips membeli mesin cuci bekas yang pertama adalah cek kelengkapan komponennya.

Lihat baik-baik dan periksa bagaimana kondisi selangnya, saringannya dan komponen penting lainnya. Cek apakah kondisinya masih bagus dan tidak ada kotoran yang tertinggal pada masing-masing komponen tersebut. Pastikan juga mesin cuci bersih dan tidak terdapat endapan atau kotoran serta jamur yang tertinggal di sana.

2. Pertimbangkan tentang Efisiensinya

Sebelum memutuskan untuk membeli mesin cuci bekas pertimbangkan dulu bagaimana efisiensinya. Anda boleh saja membeli mesin cuci bekas yang modelnya masih relatif baru karena teknologinya masih cukup baru. Mesin cuci dengan teknologi yang masih relatif baru biasanya akan lebih hemat konsumsi listriknya. Selain itu juga pada umumnya lebih hemat penggunaan air serta deterjennya.

Baca Juga :
1. Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar & Berputar Pelan
2. 5 Cara Memakai Mesin Cuci Otomatis yang Baik dan Benar

Itulah tips membeli mesin cuci baru ataupun bekas yang bisa Anda pertimbangkan.