Sudah Tahu Warna Cat untuk Ruang Kecil yang Harus Dihindari? Cek Disini!

Kebutuhan akan tempat tinggal semakin meningkat yang membuat lahan untuk rumah tak lagi luas. Namun hunian yang kecil tetap bisa disiasati agar terlihat lapang dan lega. Apalagi kini sudah banyak referensi desain yang bisa Anda gunakan agar ruangan terlihat luas.

Ternyata selain dari desain warna cat juga bisa memberikan kesan lega. Dilansir dari Harapanrakyat.com berikut warna cat untuk ruang kecil yang harus dihindari.

warna-cat
Sumber: harapanrakyat.com

Warna Cat yang Harus Dihindari untuk Ruang Kecil

1. Warna Netral yang Terkesan Suram

Memilih warna netral untuk ruangan yang sempit memang pilihan yang baik. Tapi bukan berarti Anda bisa memilih warna secara sembarangan. Warna netral yang memberikan kesan kusam atau justru suram akan membuat ruangan kecil semakin gelap dan sempit. Sehingga alangkah baiknya jika Anda memilih warna netral yang nuansanya hangat dan bisa memantulkan cahaya sehingga ruangan tetap nyaman.

2. Warna Merah

Menjadi warna yang kerap dijadikan warna untuk rumah makan karena memang secara psikologi bisa merangsang nafsu makan. Biasanya juga dipadukan dengan warna kuning yang juga memiliki arti psikologis yang hampir sama.

Namun ternyata warna merah menjadi warna cat yang kurang sesuai jika digunakan untuk ruangan yang kecil. Sebab energi yang dipancarkan pada warna merah akan membuat Anda kurang nyaman jika menempatinya.

Warna cat untuk ruang kecil merah memang tidak sesuai jika ingin ada jadikan warna dominan. Namun bukan berarti Anda tidak dianjurkan mengunakan sama sekali.

Karena Anda tetap bisa mengunakan warna ini untuk membuat yang mempercantik ruangan Anda. Jika memang Anda ingin warna merah sebagai warna utama Anda bisa menurunkan tingkatnya agar tidak menjadi merah pekat. Yang akan membuat rumah terkesan hangat.

3. Warna Putih

Warna putih menjadi warna yang paling banyak digunakan untuk cat ruangan. Karena warna putih memberikan kesan bersih dan juga bisa dipadukan dengan warna perabot apapun. Namun ternyata untuk ruangan yang kecil, warna ini sebaiknya Anda hindari.

Warna putih bisa membuat ruangan tampak lebih cerah yang akan membuatnya terkesan luas. Ternyata anggapan khalayak perihal ini keliru dan tidak bisa dibenarkan begitu saja.

Karena ruangan yang kecil jika mengunakan warna cat putih akan membuatnya terkesan formal serta hambar. Sehingga membuat warna putih menjadi warna cat untuk ruang kecil yang harus di hindari. Kesan ini justru akan membuat bayangan gelap menjadi lebih mudah muncul. Dimana bayangan tersebut akan nampak sangat kontras jika disandingkan dengan warna putih. Dan hal tersebut akan membuat perpaduan yang tidak cantik.

Kendati menjadi warna yang dihindari, namun bukan berarti Anda tidak bisa mengunakan sepenuhnya. Anda tetap bisa mengunakan cat putih untuk membuat aksen kamar pribadi Anda.

Sementara untuk warna cat utama Anda bisa mengunakan warna abu abu untuk memberi kesan hangat. Kemudian memberikan aksen cat putih agar membuat ruangan Anda nampak elegan dan membuat ruangan Anda semakin nyaman.

4. Warna yang Tidak Anda Sukai

Selain warna putih, merah atau yang memberi kesan suram ruangan kecil Anda sebaiknya juga tak dicat dengan warna yang tidak Anda sukai. Karena selera pribadi juga tetap mempengaruhi pemilihan warna cat untuk hunian Anda.

Memilih warna cat untuk ruangan kecil tidak hanya harus berpaku untuk memberikan kesan ruangan terasa luas saja. Namun juga harus memperhatikan apakah warna tersebut menarik serta mengundang kenyamanan.

Memilih warna cat yang Anda sukai juga menjadi langkah memilih warna cat untuk ruang kecil. Selain membuat rumah bisa menjadi terkesan luas Anda juga akan merasa nyaman.

Sehingga membuat Anda betah lama lama untuk menghabiskan waktu di dalam rumah. Untuk itu agar rumah Anda memberikan kesan rumahku surgaku, maka jangan sekali sekali memilih warna yang tidak sesuai dengan selera Anda.

Ruangan yang kecil tidak selamanya akan terkesan sempit dan penuh. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar ruangan kecil terkesan luas dan nyaman.

Salah satunya dengan memperhatikan warna cat yang Anda gunakan untuk ruangan Anda. Meskipun banyak warna akan membuat ruangan menjadi luas, namun jangan sampai Anda melewatkan selera Anda sendiri karena menyangkut kenyamanan.