10 Cara Menghemat Listrik Kulkas yang Benar, Terbukti Hemat!

Berfaedah.com - Kulkas merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Kulkas menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui cara menghemat listrik kulkas agar tidak terlalu membengkakkan pengeluaran Anda.

cara-menghemat-listrik-kulkas

10 Cara Menghemat Listrik Kulkas

1. Cukup Ventilasi

Cara agar kulkas memiliki ventilasi yang cukup adalah dengan memberikan jarak kulkas dengan dinding sekitar 10 hingga 15 cm dan minimal 30 cm dari langit-langit rumah. Hal dimaksudkan agar kulkas tidak cepat panas dan menyerap lebih banyak energi dari listrik.

2. Letakkan pada Tempat Sejuk

Tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari secara langsung akan membuat mesin mengambil energi dari listrik dan tidak terpengaruh dengan sumber energi lain sehingga mesin tidak bekerja terlalu berat.

3. Jangan Sering Membuka Menutup Kulkas

Hal tersebut dikarenakan jika sering membuka dan terlalu lama membuka kulkas akan menghidupkan lampu kulkas juga sehingga energi listrik banyak terbuang.

4. Pastikan Pintu Tertutup Rapat

Jika pintu kulkas tidak tertutup dengan sempurna akan membuat udara dinginnya keluar sehingga tidak optimal dalam mendinginkan makanan Anda. Hal tersebut berakibat makanan akan lama dingin dan udara yang dihasilkan kulkas akan percuma.

5. Atur Temperatur dengan Tepat

Mengatur temperatur yang benar adalah tidak terlalu dingin karena semakin dingin udara yang diinginkan akan mengambil lebih banyak energi sebagai pendingin yang ekstra. Pilihlah pengaturan pada temperatur medium atau di atasnya karena lebih menghemat penggunaan listrik kulkas.

Baca Juga: 8 Akibat Sering Minum Air Dingin dari Kulkas, Wajib Baca!

6. Nonaktifkan Fungsi Kulkas Lainnya

Gunakan fungsi kulkas yang memang sering Anda gunakan dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda menggunakan fungsi yang penting-penting saja maka kulkas tidak akan  banyak menggunakan aliran listrik yang membuat biaya listrik Anda meningkat juga.

7. Jangan Memasukkan Makanan atau Minuman Panas

Makanan dan minuman panas jika dimasukkan ke dalam kulkas akan membuat suhu dalam kulkas berubah dan membuat kulkas Anda bekerja lebih berat. Sebaiknya, tunggulah hingga makanan atau minuman tersebut dingin untuk dimasukkan ke dalam kulkas. Hal ini juga berfungsi untuk menjaga keawetan kulkas Anda.

8. Jaga Karet Pintu Agar Tidak Longgar

Salah satu hal terpenting pada kulkas adalah karet yang menempel pada pintu. Jika karet mulai longgar sebaiknya Anda segera mengganti atau memperbaikinya.
Jika longgar akan membuat angin mudah masuk dan keluar sehingga suhu dalam kulkas tidak bisa stabil dan mesin akan bekerja lebih keras untuk menghasilkan suhu yang lebih dingin.

9. Matikan Kulkas saat Tertentu

Ketika hendak bepergian atau memang tidak ingin menggunakan kulkas, Anda harus mematikan mesin ini. Namun, saat kulkas tidak digunakan bukalah sedikit pintunya agar bagian dalam kulkas tidak menghasilkan bau tidak sedap dan tidak lembab sehingga kulkas bisa awet.

10. Rutin Membersihkan Kulkas

Kulkas juga perlu Anda pastikan bersih terutama pada salurannya karena apabila tersumbat akan membuat kulkas sulit bekerja optimal dan membuat berat kerja kulkas untuk menghasilkan suhu. Pembersihan ini bisa rutin Anda lakukan setidaknya dua minggu sekali agar kulkas menjadi tempat yang baik menyimpan makanan.

Baca Juga :
1. Kulkas Tidak Dingin? Inilah 10 Penyebab dan Cara Mengatasinya!
2. 9 Panduan Cara Merawat Kulkas dengan Benar, agar Awet!

Selain sebagai cara menghemat listrik kulkas, cara di atas juga sebagai merawat kulkas Anda agar tidak mudah rusak, terawat, dan memiliki keawetan yang optimal. Kulkas yang hemat listrik dan terawat akan menjadi tempat penyimpanan higienis dan menghindarkan kuman pada makanan yang hendak Anda sajikan untuk keluarga tercinta.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel