9 Panduan Cara Merawat Kulkas dengan Benar, agar Awet!

Berfaedah.com - Semua barang elektronik yang ada di rumah harus dirawat, tak terkecuali kulkas. Jika tidak dirawat dengan baik, kulkas bisa lebih cepat rusak. Kulkas yang dirawat secara teratur akan memiliki usia pakai yang lebih lama. Makanan atau minuman yang disimpan pun tetap bisa segar. Tapi bagaimana cara merawat kulkas yang benar? Simak ulasannya di bawah ini.

cara-merawat-kulkas

9 Panduan Cara Merawat Kulkas dengan Benar

1. Isi sesuai Kapasitas

Ternyata kapasitas makanan yang bisa dimasukkan dalam satu kulkas berbeda antara 1 tipe dengan tipe lainnya. Biasanya keterangan berapa volume makanan yang bisa dimasukkan ini sudah dijelaskan ketika Anda akan membeli kulkas. Masukkan makanan/minuman sesuai dengan kapasitas asli kulkas. Jangan sampai menjejalkan banyak makanan secara paksa dalam kulkas.

Semakin banyak makanan yang dimasukkan dalam kulkas, maka semakin berkurang sirkulasi udaranya. Hal ini bisa membuat suhu dalam kulkas Anda tidak begitu dingin lagi. Hindari juga meletakkan makanan atau minuman berat dalam rak pintu kulkas. Jangan sampai pintu kulkas Anda jadi cepat rusak karena beban yang terlampau berat.

2. Tutup Rapat Pintu Kulkas

Pada pintu kulkas terdapat karet yang membuat ruang dalam kulkas kedap udara dari luar. Hal inilah yang membantu kulkas mempertahankan suhu dinginnya. Jika Anda tidak menutupnya dengan benar, maka udara panas dari luar kulkas bisa masuk dan membuat suhu kulkas tidak dingin lagi.

Pastikan Anda menutup rapat pintu kulkas setelah selesai dibuka. Jangan sampai terjadi kebocoran udara. Banyak orang yang tanpa sadar sering melakukan kebiasaan buruk dengan membiarkan pintu kulkas menutup sendiri. Padahal mungkin saja pintu menutup tapi tidak benar-benar rapat.

3. Jangan Memasukkan Makanan yang Masih Panas

Saat Anda selesai memasak, mungkin Anda tidak sabar untuk segera memasukkannya ke kulkas. Apalagi jika Anda sedang buru-buru akan pergi keluar. Tapi ternyata hal ini bisa berdampak buruk bagi kulkas.

Makanan akan mengalami perubahan suhu yang ekstrim dalam waktu singkat. Jika Anda meletakkan makanan pada wadah kaca, bisa saja kacanya pecah. Saat Anda memasukkan makanan panas seketika itu juga, kulkas harus ekstra keras mempertahankan suhu di dalamnya agar tetap dingin.

4. Jangan Buka Kulkas saat Mati Listrik

Saat rumah Anda mengalami pemadaman listrik, Anda harus mengecek kondisi kulkas. Usahakan untuk tidak terlalu sering membuka pintu kulkasnya. Saat mati lampu, sebenarnya kulkas masih bisa mempertahankan suhu dinginnya selama 24 jam. Terlalu sering membuka kulkas akan membuat suhu dinginnya berkurang.

5. Atur Temperatur

Anda harus selalu mengatur suhu kulkas secara berkala. Jika kulkas Anda sudah dilengkapi dengan pengatur suhu yang menunjukkan angka berapa derajat, Anda bisa mengaturnya dengan optimal. Atur suhu pada rak tidak lebih dari 4 C. Tujuannya agar makanan/minuman yang disimpan tidak mudah rusak/basi.

Atur suhu pada freezer di bawah 0 C agar es di dalamnya tidak mudah mencair. Jika kulkas Anda masih menggunakan tombol putar, Anda bisa memutarnya ke angka 4 sampai 5 (jika menggunakan skala 5). Dengan kata lain, atur suhu kulkas antara cool sampai cold/freeze.

Baca Juga :
1. 8 Akibat Sering Minum Air Dingin dari Kulkas, Wajib Baca!
2. 11 Merk Kulkas Hemat Listrik Terbaik dan Termurah

6. Atur Lokasi Kulkas

Hal ini harus benar-benar Anda perhatikan saat baru saja membeli kulkas. Penempatan kulkas pada lokasi yang kurang ideal bisa membuat kulkas cepat rusak. Lalu dimana sebaiknya Anda meletakkan kulkas? Mayoritas orang akan meletakkannya di dapur agar dekat saat mengambil bahan makanan yang akan dimasak. Tapi Anda tetap harus memperhatikan hal-hal berikut ini:
  • Jangan sampai meletakkan kulkas dekat dengan kompor gas atau barang-barang yang menghasilkan panas lainnya. Misalnya saja oven, rice cooker, heater, dan lain sebagainya. Meletakkan kulkas dekat dengan barang penghasil panas bisa membuat kinerja kulkas menurun dan tak bisa menghasilkan suhu dingin lagi.
  • Jangan meletakkan kulkas tepat di samping pintu keluar masuk rumah. Jangan sampai kulkas terkena cahaya matahari langsung. Panas matahari bisa membuat suhu di dalam kulkas tidak bisa dingin.
  • Beri ruang sekitar 20 cm di bagian belakang kulkas. Jangan meletakkan kulkas berhimpitan dinding. Hal ini bertujuan agar sirkulasi udara pada mesin kondensor bisa berjalan dengan baik.

7. Bersihkan Kulkas secara Teratur

Hal yang tak kalah penting agar kulkas Anda awet adalah membersihkannya secara teratur. Kulkas yang tidak dibersihkan bisa membuat kinerjanya menurun. Bahkan bunga es yang dibiarkan saja dalam freezer bisa membuat kulkas harus bekerja ekstra keras menjaga suhu tetap dingin.

Sebisa mungkin bersihkan kulkas minimal 1 bulan sekali. Cairkan bunga es dengan cara memutar tombol kulkas ke arah defrost. Anda juga bisa mematikan kulkas, kemudian membiarkan pintunya terbuka sambil mengarahkan kipas angin menyala pada freezer. Proses pencairan bunga es bisa memakan waktu sekitar 1 jam.

Semakin lama tidak dibersihkan, maka proses pencairan bunga es bisa berjalan lebih lama. Sambil mencairkan bunga es, jangan lupa juga untuk membersihkan rak-rak kulkas dengan lap basah. Anda juga bisa mengeluarkan rak dan mencucinya sampai bersih. Setelah kering baru pasang kembali rak ke dalam kulkas.

Kulkas yang baru saja digunakan untuk menyimpan bahan makanan tertentu kadang juga menimbulkan bau tak sedap. Agar bau ini tak mengkontaminasi makanan lainnya, sebaiknya Anda segera membersihkan kulkas. Anda juga bisa menaruh makanan pada toples kedap udara agar lebih higienis dan tidak menimbulkan bau kulkas.

8. Bersihkan Bagian Kondensor

Bagian yang sering dilupakan oleh pemilik kulkas adalah kondensor. Padahal bagian ini sangat penting demi menjaga sirkulasi udara dalam kulkas tetap lancar. Agar kulkas Anda bisa menghasilkan suhu dingin optimal, jangan lupa untuk rutin membersihkan kondensor. Matikan kulkas dan bersihkan semua debu yang menempel dengan sikat.

9. Matikan Kulkas saat Tidak Digunakan

Hal yang tak kalah penting untuk menjaga kulkas tetap awet adalah mematikannya saat tak digunakan. Saat Anda berencana untuk pergi meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang panjang, matikan saja kulkas Anda. Tapi Anda tetap harus melakukan beberapa langkah tepat untuk mematikan kulkas seperti berikut:
  • Pertama, cairkan semua bunga es di dalam freezer sampai bersih. 
  • Kedua, keluarkan semua makanan dan minuman dari dalam kulkas.
  • Ketiga, lap semua bagian kulkas sampai kering dan tutup rapat.

Baca Juga :
1. 10 Cara Menghemat Listrik Kulkas yang Benar, Terbukti Hemat!
2. Kulkas Tidak Dingin? Inilah 10 Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Ternyata cara merawat kulkas cukup mudah bukan? Anda hanya perlu komitmen untuk menjaga agar kulkas lebih awet. Jadi Anda tak perlu terlalu sering membuang uang untuk membeli kulkas yang baru.