10 Makanan untuk Program Hamil yang Perlu Dikonsumsi

Berfaedah.com - Kehadiran buah hati memang selalu dinantikan pasangan yang baru menikah. Tak jarang pasangan yang ingin segera memiliki momongan melakukan program hamil untuk mempersiapkan diri. Salah satu aspek yang harus dipersiapkan adalah menjaga makanan. Makanan untuk program hamil dimaksudkan agar calon ibu siap secara kesehatan hingga calon bayi datang.

Dengan mengkonsumsi makanan tersebut, calon ibu akan lebih banyak memiliki peluang untuk mengandung. Namun tentunya tidak hanya calon ibu saja, melainkan kedua belah pihak yakni calon ayah dan calon ibu juga diharuskan menjaga pola makan. Konsumsi makanan sehat juga akan menghindari kelahiran cacat pada bayi.

makanan-untuk-program-hamil

10 Makanan untuk Program Hamil

1. Telur

telur-makanan-untuk-program-hamil
Sumber: kompas.com
Telur telah lama dikenal sebagai bahan makanan yang kaya akan protein serta berbagai vitamin yang berguna bagi tubuh, diantaranya adalah vitamin A, D, dan B kompleks. Selain kandungan vitamin dan protein, telur juga ternyata mengandung banyak asam folat.

Asam folat inilah yang nantinya digunakan sebagai zat yang dapat mencegah terjadinya kecacatan otak dan cacat sumsum tulang belakang pada janin nantinya. Telur mudah dijumpai dan harganya pun murah. Jadi jangan sampai tidak makan telur saat Anda sedang dalam program hamil.

2. Minyak Zaitun

minyak-zaitun-makanan-untuk-program-hamil
Sumber: cloudinary.com
Minyak yang kaya manfaat ini juga memiliki manfaat yang berlaku untuk calon ibu hamil yang sedang dalam program kehamilan. Minyak zaitun kaya akan asam oleat yang baik untuk kesehatan jantung. Dengan manfaat tersebut, Anda dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan mengkonsumsi minyak zaitun.

Selain baik untuk kesehatan jantung, kandungan Omega 3 pada minyak zaitun juga baik untuk pembentukan jaringan saraf pada janin.

3. Sayuran Hijau

sayuran-hijau-makanan-untuk-program-hamil
Sumber: detik.net.id
Banyak sekali kandungan dan manfaat yang terdapat di dalam sayur-sayuran yang berwarna hijau. Sayuran hijau tinggi akan asam folat serta zat besi yang berguna bagi kesuburan dan ibu hamil. Zat besi yang terkandung dalam sayuran berwarna hijau sangat bermanfaat dalam siklus menstruasi.

Selain itu, zat besi juga bagus untuk mendukung ovulasi, serta bagus untuk perkembangan sel telur dalam keadaan sehat. Masalah konstipasi atau sembelit pada ibu hamil juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi sayuran hijau yang kaya akan serat.

4. Ikan

ikan-makanan-untuk-program-hamil
Sumber: grid.id
Ikan sebagai bahan makanan hewani memiliki banyak kandungan DHA sebagai salah satu jenis asam lemak Omega 3. DHA pada ikan sangat bermanfaat dalam pembentukan sistem saraf, otak, serta mata. Penelitian juga membuktikan bahwa mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan DHA juga menghindarkan ibu hamil mengalami preeklamsia.

Beberapa jenis ikan yang kaya akan DHA antara lain dapat Anda jumpai pada salmon, tuna, sarden, serta ikan lele.

5. Daging

daging-makanan-untuk-program-hamil
Sumber: cloudinary.com
Daging yang cocok untuk dikonsumsi untuk program hamil adalah daging sapi atau ayam. Keduanya memiliki kandungan protein dan zat besi yang melimpah. Protein sangat berguna bagi ibu hamil, yakni sebagai sumber tenaga, membangun sistem imun, serta berguna dalam proses metabolisme.

Selain itu, protein juga berguna sebagai energi bagi pertumbuhan serta perkembangan sel dan jaringan baru saat proses kehamilan berlangsung. Sedangkan zat besi pada daging sangat bermanfaat untuk membantu produksi sel-sel darah merah agar asupan oksigen pada janin dan ibu dapat meningkat.

Baca Juga :
1. 7 Manfaat Minum Susu Prenagen Esensis Sebelum Menikah
2. Pengin Punya Anak Perempuan? Coba Tips Program Hamil Ini!

6. Yogurt

yogurt-makanan-untuk-program-hamil
Sumber: hellosehat.com
Makanan yang berasal dari olahan susu ini ternyata sangat baik dikonsumsi dalam program kehamilan yang sedang Anda jalankan. Seperti bahan asalnya, yogurt juga kaya akan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang janin.

Konsumsi kalsium pada saat hamil juga bagus untuk membantu ibu hamil untuk menghindari masalah kesehatan tulang dan gigi. Dengan mengkonsumsi kalsium, Anda akan terhindar dari osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Kandungan probiotik atau mikroorganisme yang terdapat pada yogurt juga dikenal bagus untuk melancarkan pencernaan.

7. Alpukat

alpukat-makanan-untuk-program-hamil
Sumber: regopantes.com
Beberapa vitamin yang terkandung dalam buah alpukat memang tak diragukan lagi khasiatnya bagi tubuh, termasuk saat dalam program kehamilan. Vitamin dalam alpukat seperti vitamin B1, B2, B5, B6, C, E, serta K bermanfaat untuk pertumbuhan janin dan ibu hamil.

Alpukat juga mengandung asam folat yang berguna untuk perkembangan organ tubuh pada janin serta dapat mencegah janin terkena penyakit spina bifida. Spina bifida merupakan penyakit yang membawa kecacatan pada janin yang disebabkan oleh terganggunya proses pembentukan tabung saraf selama janin berada di dalam kandungan.

Untuk ibu hamil yang sering mengalami mual atau morning sickness juga dapat mengkonsumsi alpukat yang mengandung vitamin C sebagai solusi.

Baca Juga :
1. Kapan Sebaiknya Minum Susu Prenagen Esensis?
2. Bolehkah Minum Prenagen Esensis Setelah Selesai Haid?

8. Kacang-Kacangan

kacang-kacangan-makanan-untuk-program-hamil
Sumber: grid.id
Penelitian membuktikan bahwa protein nabati sangat baik untuk meningkatkan kesuburan. Protein nabati dapat Anda temukan pada kacang-kacangan, terutama kacang lentil dan kacang polong yang memiliki lebih sedikit kandungan kalori.

Zat besi juga banyak ditemukan dalam kedua kacang tersebut yang sangat bermanfaat dalam peningkatan ovulasi.

9. Biji-Bijian

biji-bijian-makanan-untuk-program-hamil
Sumber: kewpie.co.id
Selain kacang-kacangan, biji-bijian seperti wijen juga memiliki manfaat yang besar untuk keberhasilan program hamil. Biji wijen memiliki kandungan coenzyme Q10, yakni zat antioksidan yang memiliki manfaat untuk produksi energi sel, termasuk dalam sel telur.

Makanan ini baik dikonsumsi calon ayah dan calon ibu untuk meningkatkan kualitas sel telur serta melancarkan mobilitas sperma.

10. Ikan Salmon

ikan-salmon-makanan-untuk-program-hamil
Sumber: motherandbaby.co.id
Kemandulan sering terjadi pada wanita yang kekurangan vitamin D. Untuk itu, konsumsi makanan yang kaya akan vitamin D menjadi hal terpenting yang harus Anda perhatikan selama program hamil. Salah satunya adalah ikan salmon yang kaya akan vitamin D, asam lemak sehat, serta Omega 3.

Baca Juga :
1. Tips Mempersiapkan Kehamilan sebelum Menikah
2. Ternyata Ini Efek Minum Susu Hamil Sebelum Menikah

Konsumsi 10 makanan untuk program hamil di atas agar program hamil yang Anda jalankan dapat berhasil.