7 Makanan yang Dapat Memperbanyak ASI Ibu Menyusui

Berfaedah.com - Bagi Anda yang sedang hamil atau baru saja melahirkan pasti ingin memiliki anak yang sehat dengan ASI yang diberikan secara mandiri. Namun, beberapa ibu yang baru saja melahirkan susah untuk menghasilkan ASI. Oleh sebab itu, makanan yang memperbanyak ASI perlu Anda konsumsi agar ASI untuk bayi Anda bisa terpenuhi dengan baik.

7 Makanan yang Memperbanyak ASI Ibu Menyusui

Sayur-sayuran, buah-buahan dan daging merupakan komponen utama pada makanan yang bisa membuat ASI ibu menyusui bertambah banyak. Semakin banyak ASI maka akan semakin sehat dan padat tulang anak Anda. Berikut adalah rincian beberapa makanan bagi ibu menyusui.

makanan-yang-memperbanyak-asi-ibu-menyusui

1. Sup Daging

Memperbanyak ASI bisa Anda lakukan dengan banyak makanan yang berkuah salah satunya adalah sup. Sup yang dikombinasikan dengan daging atau ayam atau ikan bisa menambah protein di dalam tubuh sehingga ASI yang dihasilkan selain banyak juga memberikan asupan protein pada tubuh.

Tidak hanya protein, sup bisa dibuat dari campuran banyak sayuran yang bisa memberikan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh ibu menyusui. Selain itu, nutrisi tersebut akan diteruskan kepada sang bayi melalui ASI yang diminum dari ibunya.

2. Tumbuhan Pepaya

Pepaya memiliki beberapa bagian tumbuhan yang bisa dikonsumsi sehari-hari dan memberikan banyak khasiat menyehatkan. Pepaya memiliki buah dan bunga yang memiliki kandingan vitamin A, vitamin C, dan mineral seperti asam folat, enzim papain, dan juga kalium.

Untuk menghasilkan ASI yang banyak maka ibu menyusui membutuhkan protein yang banyak. Protein tersebut bisa diperoleh dari enzim papain yang membantu memperlancar proses pencernaan khususnya protein. ASI yang terdiri dari cairan juga bisa dibantu dari khasiat pepaya yang mengandung mineral kalium.

Cara mengolah pepaya untuk ibu hamil sangat sederhana yaitu Anda bisa langsung memakan buahnya atau mengolah daun dan bunganya sebagai sayuran pelengkap makan Anda. Beberapa sup seperti sayur asam dan sup ikan sudah sering dimakan oleh ibu menyusui sejak dahulu.

3. Daun Katuk

Beberapa orang tradisional memakan daun katuk sebagai sayuran untuk menambah protein pada makanan yang akan masuk ke dalam tubuh dan dipercaya dapat memperbanyak ASI pada ibu menyusui.

Baca Juga :
1. 9 Tanda Bayi Cukup ASI yang Wajib Ibu Ketahui
2. 10 Tanda Bayi Kurang ASI dari Ibu yang Wajib Diketahui
3. Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Muntah setelah Minum ASI

Pada saat kondisi normal, wanita membutuh protein sekitar 40 gram untuk setiap harinya, sedangkan ibu menyusui membutuhkan sekitar 60 gram dari biasanya yang berarti menambah 20 gram protein setiap harinya. Protein tersebut bisa didapatkan pada olahan daun katuk.

4. Oatmeal

Oatmeal atau havermouth memiliki fungsi untuk mengurangi kolesterol dan menjaga tekanan darah pada tubuh. Selain itu, oatmeal merupakan makanan yang dapat memperbanyak ASI ibu menyusui. Memakan oatmeal bisa memicu hormon oxytocin yang bisa membuatnya merasa rileks sehingga berpengaruh terhadap produksi ASI. Anda bisa memakan oatmeal pada pagi hari sebagai makanan untuk sarapan.

5. Wortel

Sayuran kesukaan banyak orang yang memiliki khasiat vitamin A ini juga bisa digunakan untuk memperlancar ASI ibu menyusui. Selain vitamin A, wortel juga memiliki enzim Phytoestrogens yang bisa memproduksi banyak ASI.

Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa membuat jus wortel sebanyak 1 gelas dan Anda minum pada makan siang. Pada sore hari, ASI Anda akan bertambah untuk sang buah hati.

6. Air

Ibu menyusui harus minum lebih banyak dibandingkan dengan wanita lainnya. Anjuran minum untuk ibu menyusui adalah 10-12 gelas hari yang bertambah 4 gelas dari aturan biasanya. Hal tersebut dikarenakan cairan sangat dibutuhkan untuk badan memproses makanan yang dikonsumsi.

7. Sayur Bayam

Sayur bayam merupakan salah satu makanan yang memperbanyak ASI. Bayam memiliki kandungan nutrisi vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, protein, dan juga mineral thiamin, riboflavin, asam folat, kalsium, dan masih banyak kandungan lainnya.

Jika Anda mengonsumsi bayam maka zat besi bisa bertambah dan menambahkan pembentukan sel darah merah yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh khususnya bayi.

Pasti sebagai ibu menyusui ada beberapa makanan yang suka dan tidak suka. Apabila Anda ingin memperlancar ASI maka Anda bisa menggunakan rekomendasi di atas namun apabila tidak suka atau alergi, Anda bisa menggunakan alternatif pilihan makanan yang lain dan bisa digunakan untuk memperlancar ASI.

Demikian informasi tentang makanan yang memperbanyak ASI, semoga berfaedah. Silakan share. Terima kasih.