Menyusun Slip Gaji dengan Aplikasi Payroll Terbaik

Setiap bulannya perusahaan akan membayarkan hak karyawan berupa gaji. Pembayaran gaji diikuti pula dengan pembuatan slip gaji.

Slip gaji adalah  bukti dan sebuah informasi resmi dari perusahaan mengenai penerimaan gaji atau penghasilan dari pemberi kerja / perusahaan kepada para  pegawai.

aplikasi-payroll-terbaik

Slip gaji secara umum mencantumkan informasi mengenai detail gaji karyawan yang dibayarkan pada bulan tersebut. Detail informasi slip gaji yang tertera dapat berbeda dalam setiap perusahaan. Namun, secara umum slip gaji memuat informasi berikut ini:
  1. Nama dan logo perusahaan. Pada lembar slip gaji, informasi umum perusahaan seperti nama perusahaan, alamat lengkap, nomor telepon perusahaan, email resmi perusahaan, dan logo perusahaan wajib dicantumkan. Informasi ini berguna sebagai identitas perusahaan yang menunjukkan bahwa dokumen itu asli dan resmi. Karyawan yang menerima itu untuk mengenali dokumen dan menyimpannya.
  2. Data karyawan. Data karyawan yang diperlukan untuk slip gaji biasanya adalah nama lengkap, nomor ID karyawan,jabatan, dan departemen atau divisi tempat karyawan bekerja.
  3. Periode gaji yang diterima. Sertakan informasi tentang tanggal gaji dari perusahaan laporan slip gaji. perusahaan. Ini lebih mudah bagi karyawan untuk membaca slip gaji yang diterima sehingga tidak bingung dengan periode bulan sebelumnya.
  4. Jumlah potongan. Dalam perhitungan gaji, terdapat beberapa potongan seperti asuransi BPJS. Jika ada biaya lain di luar BPJS, tulislah dengan jelas dan detail..
  5. Pajak. Idealnya, slip gaji harus mencakup informasi tentang jumlah pajak yang dipotong pada sumber gaji karyawan. Dengan cara ini, karyawan dapat mengetahui kewajiban pajak yang mereka bayarkan tiap bulan.
  6. Tunjangan. Tunjangan dapat memiliki fungsi sosial atau insentif. Jenis-jenis tunjangan yang biasanya diberikan kepada karyawan adalah; tunjangan transportasi, tunjangan makan. Distribusi tunjangan tiap bulannya ada yang tetap dan tidak tetap.
  7. Total gaji bersih. Yang terakhir ada total gaji bersih, komponen informasi terakhir yang ada pada slip gaji adalah total gaji bersih. Total gaji bersih merupakan hasil dari pengurangan pajak dan potongan serta penambahan dari tunjangan penghasilan. 

Perhitungan gaji setiap bulannya akan terasa merepotkan apabila dilakukan dengan tata cara manual. Ditambah proses penyusunan slip gaji yang harus diketik dan disusun menggunakan program yang tidak terintegrasi dengan perhitungan gaji. Jika staf melakukan salah input atau salah ketik, maka akan menyebabkan kesalahpahaman antar karyawan yang menerima slip gaji. Tentu saja perusahaan tidak menginginkan hal tersebut dan mencari cara untuk menghindari human error.

Perusahaan bisa memecahkan permasalahan klasik dalam menyusun slip gaji tersebut dengan menggunakan aplikasi Payroll di bidangnya. Jika perusahaan ingin melakukan efisiensi dalam penyusunan slip gaji, mungkin saat yang tepat untuk menggunakan aplikasi Payroll terbaik dari LinovHR yang berbasis cloud. Karena berbasis cloud, data yang tersimpan jauh lebih aman dan terjamin kerahasiaannya. Dengan demikian, perhitungan gaji dan penyusunan slip gaji dapat dilakukan lebih cepat dan lebih akurat tanpa resiko kekeliruan dalam prosesnya.

Selain itu LinovHR memiliki modul lain yang dapat dimanfaatkan perusahaan untuk manajemen perusahaan lebih baik lagi seperti modul personal administration, organization management, time management, recruitment, goal management, competency management, performance appraisal, feedback, benefit, loan, employee self service, succession management, learning and development dan modul workflow.

Dengan semua modul tersebut manajemen hr akan lebih efektif dan efisien, untuk informasi lebih lanjut anda dapat mengakses website linovhr dan mengajukan percobaan gratis software hr LinovHR.