Kulkas Tidak Dingin? Inilah 10 Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Berfaedah.com - Apa Anda pernah mengalami permasalahan pada kulkas? Barang elektronik yang sangat penting di rumah tangga ini sering tiba-tiba tidak dingin. Bahkan untuk membuat es batu saja tidak bisa membeku. Sebenarnya apa penyebab kulkas tidak dingin lagi? Apakah saat masalah ini muncul Anda terpaksa harus membeli kulkas yang baru?

10 Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya


penyebab-kulkas-tidak-dingin

1. Pengaturan Suhu

Bagi sebagian orang yang baru memiliki kulkas, kadang mereka tidak tahu apa fungsi tombol pemutar suhu di bagian dalam kulkas. Mereka mengeluhkan kulkasnya tidak dingin. Padahal masalah terletak pada tombol suhu yang diatur terlalu rendah. Tentu saja suhu di dalam kulkas pun akan mengikuti pengaturan yang dibuat penggunanya.

Perhatikan tombol suhu pada kulkas Anda. Jika Anda ingin membekukan es maka setting kulkas pada tombol nomor 4 atau 5 (jika maksimal 5). Kulkas yang digunakan hanya untuk menyimpan sayur, buah, dan makanan biasanya disetting pada angka 3.

2. Banyak Bunga Es

Jika kulkas tidak dingin, coba periksa bagian freezernya. Kalau ternyata freezer sudah dipenuhi bunga es sampai menutup bagian lubang angin. Hal ini bisa membuat kulkas jadi tidak dingin, bahkan tidak bisa lagi digunakan untuk membekukan es.

Kalau ini terjadi, Anda harus segera mencairkan bunga esnya (defrost). Caranya cukup putar tombol power ke arah 0 atau Defrost dan tunggu sampai bunga esnya mencair. Anda juga bisa mematikan kulkas, buka pintunya, dan taruh kipas angin menyala. Bunga es bisa cepat mencair dengan metode ini.

3. Peralatan Panas

Kadang tanpa sadar orang-orang bisa saja meletakkan peralatan yang menghasilkan panas di dekat kulkas. Misalnya kompor, dispenser, rice cooker, oven, microwave, dan lain sebagainya. Hal ini bisa membuat suhu ruangan di sekitar kulkas meningkat.

Udara panas ini membuat kulkas Anda jadi kurang dingin. Karena itu juga jangan letakkan kulkas tepat di samping pintu keluar. Panas dari luar ruangan bisa mengurangi suhu dingin di dalam kulkas. Usahakan untuk meletakkan kulkas di area yang tidak bersentuhan langsung dengan panas.

4. Pintu Kulkas Rusak

Periksa juga kondisi pintu kulkas Anda. Jika terdapat kerusakan pada bagian karetnya, maka suhu dalam kulkas tidak bisa dingin. Karet kulkas berfungsi untuk merekatkan pintu agar bagian dalam kulkas kedap udara. Jika karetnya rusak, maka udara dari luar bisa masuk. Kadang, pintu kulkas jika tidak tertutup sempurna, sehingga suhu tidak dingin.

5. Cek Tegangan Listrik Rumah

Tegangan listrik rumah Anda yang tidak stabil juga bisa mengganggu kinerja peralatan listrik. Anda bisa tahu dari nyala lampu rumah yang tiba-tiba saja redup kemudian terang lagi setelah beberapa saat. Jika ini terjadi, segera hubungi kantor PLN agar listrik segera diperbaiki.

6. Memasukkan Makanan Panas

Kebiasaan memasukkan makanan yang masih panas dalam kulkas ternyata bisa berdampak buruk. Menaruh makanan panas dalam kulkas bisa membuat suhu jadi naik. Sebaiknya Anda membiarkan makanan berada dalam ruangan dulu sampai tidak panas, baru kemudian dimasukkan dalam kulkas.

Baca Juga: 8 Akibat Sering Minum Air Dingin dari Kulkas, Wajib Baca!

7. Periksa Bagian Kumparan Kondensor

Jika tidak ada masalah dengan bunga es, tegangan listrik stabil, dan pintu kulkas dalam kondisi baik tapi kulkas tetap tidak bisa dingin, mungkin masalah ada pada bagian lain. Anda bisa mencoba mengecek bagian kumparan kondensor. Alat ini berfungsi untuk mengalirkan udara panas dari dalam kulkas ke luar.

Bisa saja kumparan kondensornya tertutup debu yang sangat banyak. Akhirnya udara panas dari dalam kulkas tidak bisa dialirkan oleh kondensor ini. kumparan kondensor ini sebaiknya rutin dibersihkan minimal 2 tahun sekali. Bahkan jika kumparan ini terletak di belakang kulkas, setidaknya Anda harus membersihkannya setahun sekali.

Jika Anda tidak bisa membersihkannya sendiri, Anda bisa meminta bantuan dari jasa service kulkas di sekitar lingkungan Anda. Tapi Anda juga bisa mencoba membersihkannya sendiri. Anda cukup menggunakan sikat gigi atau sikat pakaian untuk membersihkan debu yang banyak menempel.

8. Periksa Komponen Kulkas yang Terus Menyala

Kulkas terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerja sama agar bisa menghasilkan suhu dingin optimum. Jika terjadi kerusakan ataupun salah satu komponen tidak bekerja dengan baik, maka kulkas bisa saja jadi tidak dingin. Solusinya, rutinlah melakukan pengecekan komponen kulkas yang terus menyala.

Apa saja yang perlu dicek? Ada kipas kondensor, kompressor, motor penghantar, dan juga alat pelindung beban berlebih. Untuk bisa mengecek semua kondisi komponen ini, Anda harus memiliki alat yang bernama multimeter. Jika Anda tidak bisa melakukan pengecekan semua komponen tersebut sendirian, Anda bisa berkunjung ke service centre terdekat.

9. Periksa Aliran Listrik

Masalah kulkas yang tidak bisa dingin ternyata juga bisa disebabkan oleh gangguan pada saluran listrik. Apa saja yang harus Anda cek? Cobalah untuk mengecek saluran kabel yang menuju ke kulkas. Selain itu, periksa juga bagian stop kontak tempat kulkas dicolokkan. Kadang kala, stop kontak tidak pas atau terlalu kendor.

Akibatnya aliran listrik ke kulkas kadang tersambung kadang juga tidak. Aliran listrik yang tidak lancar ini selain bisa berbahaya karena bisa menyebabkan korsleting, juga bisa mengganggu suhu dalam kulkas. Hal yang sangat berbahaya lainnya adalah aliran listrik yang longgar ini bisa membuat kulkas Anda rusak.

Pastikan Anda benar-benar telah menggunakan peralatan penghantar listrik berstandar SNI. Gunakanlah stop kontak yang pas dengan colokan kulkas. Gunakan juga kabel penghubung yang baik berstandar SNI. Jangan sampai kulkas jadi tidak dingin hanya gara-gara instalasi listrik di rumah yang tidak bagus.

10. Hubungi Jasa Service

Jika Anda sudah memeriksa semua komponen kulkas dan juga memastikan kondisi listrik rumah baik-baik saja tapi suhu kulkas tetap tidak bisa dingin, maka Anda harus melakukan langkah terakhir. Terpaksa Anda harus menghubungi jasa service untuk diperbaiki. Kemungkinan jasa service kulkas ataupun service centre bisa mendeteksinya.

Jika kulkas masih dalam masa garansi, Anda bisa klaim pada service centre terdekat. Tapi biasanya proses ini memakan waktu yang lumayan lama. Jadi Anda harus sabar. Tapi jika kulkas sudah melewati masa garansi, Anda bisa menghubungi jasa servis kulkas yang profesional dan terpercaya.

Baca Juga :
1. 10 Cara Menghemat Listrik Kulkas yang Benar, Terbukti Hemat!
2. 9 Panduan Cara Merawat Kulkas dengan Benar, agar Awet!

Penyebab kulkas tidak dingin ternyata ada beragam. Mungkin saja Anda hanya melakukan kebiasaan sepele. Jadi jangan dulu langsung membuang kulkas dan membeli yang baru. Teliti dulu apa penyebabnya dan carilah solusi tepatnya.