9 Tanda Bayi Cukup ASI yang Wajib Ibu Ketahui

Berfaedah.com - Memiliki anak bayi yang menggemaskan dan sehat adalah idaman bagi semua orang tua baik ibu atau ayah sang bayi. Bayi yang sehat merupakan tanda bayi cukup ASI dari ibunya. ASI tersebut bisa membuatnya sehat dan ceria pada waktu yang bersamaan karena tenaga bayi Anda terisi penuh.

9 Tanda Bayi Cukup ASI

Sebagai ibu yang menyusui, Anda bisa memperhatikan apakah bayi Anda sudah cukup ASI atau belum. Hal tersebut bisa Anda perhatikan dengan beberapa tanda-tanda di bawah ini.

tanda-bayi-cukup-asi

1. Payudara Ibu Lembut setelah Menyusui

Jika bayi minum ASI dengan cukup bisa dipastikan bahwa payudara Ibu menyusui terasa sangat lembut atau tidak keras. Hal tersebut dikarenakan bayi Anda telah mengosongkan ASI yang terdapat pada dalam payudara Anda.

Selain melihat tanda-tanda pada bayi, Anda sebagai ibu menyusui juga bisa merasakan bahwa ASI yang diminum sang buah hati sudah cukup banyak namun tidak berlebih.

2. Bayi Tenang Karena Kenyang

Bayi akan tenang dan tidak rewel saat ASI yang diminumnya sudah cukup banyak dan membuatnya kenyang. Bayi yang kenyang cenderung sikapnya tenang dan tidak menangis lagi.

Namun, ada beberapa kasus meskipun bayi tersebut tenang setelah minum ASI masih saja tidak tenang atau rewel dikarenakan beberapa masalah seperti sakit perut, ruam pada popok, dan yang lainnya sehingga Anda harus memahami bayi Anda dengan baik.

3. Bertambahnya Berat Badan

Bayi yang minum ASI dengan cukup secara rutin akan mempengaruhi berat badannya yang semakin bertambah. Namun biasanya, bayi yang baru lahir akan mengalami penurunan berat badan dan hanya sedikit.

Jika bayi Anda cukup ASI maka penurunan berat badan tersebut tidak akan terjadi dan meskipun terjadi pada umur 2 minggu berat badan bayi Anda akan kembali normal dan bahkan bertambah karena ASI yang diminumnya lebih dari cukup.

4. Sering Buang Air Kecil

Bayi yang baru lahir dan mendapat kolostrum hanya akan membuang air kecil sebanyak 1 hingga 2 kali saja dalam sehari. Sedangkan, untuk bayi yang mendapatkan ASI cukup dan teratur maka akan sering buang air kecil sebanyak 6 hingga 8 per hari setelah usianya menginjak 5 hari.

Sering buang air kecil tersebut sangat bagus untuk membuang bakteri yang ada dalam tubuh bayi. Pastikan ASI yang diberikan cukup dan keseringan buang air kecil tidak membuat bayi risih. Sehingga seringlah ganti popok bayi Anda pada jam-jam tertentu untuk memastikan popok tersebut tidak penuh.

Baca Juga :
1. Kenali Ciri-Ciri ASI Basi yang Tak Boleh Dikonsumsi Bayi
2. Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Muntah setelah Minum ASI
3. 10 Tanda Bayi Kurang ASI dari Ibu yang Wajib Diketahui

5. Bayi Sering Minum ASI

Yang dimaksud sering minum ASI adalah bayi sering minta ASI pada ibunya biasanya ditandai dengan bayi yang menangis. Biasanya bayi akan menyusu sekitar 8 hingga 12 kali dalam sehari. Selain itu, cara bayi menghisap payudara juga harus benar agar ASI yang dihisapnya dapat masuk dengan maksimal ke dalam tubuhnya.

6. Bayi Aktif Saat Bangun Tidur

Tanda bayi cukup ASI adalah dengan memperhatikan apa yang dilakukannya pada saat bangun tidur. Bayi yang cukup ASI cenderung dan ceria sehingga bagus untuk perkembangan tubuhnya.

7. Bayi Bisa Menelan ASI dengan Baik

Bayi yang mendapatkan ASI cukup akan dapat menghisap dan menelan ASI dengan baik. Anda bisa memperhatikan apakah bayi Anda bisa menghisap dengan cepat? Semakin cepat menghisapnya maka akan semakin banyak ASI yang ditelannya.

Namun, bayi juga bisa melambatkan gerakan menghisapnya dan menarik lebih dalam pada saat menelan ASI. Dagu bayi yang naik turun dan suara menelan yang baik juga menandakan bahwa bayi Anda bisa menelan ASI dengan baik.

Baca Juga: 7 Makanan yang Dapat Memperbanyak ASI Ibu Menyusui

Jika bayi Anda adalah bayi yang dapat menelan ASI dengan baik maka Anda harus bangga padanya karena akan membuatnya sehat dan terhindar dari kekurangan ASI yang berdampak buruk pada kesehatannya.

8. Bayi Memiliki Feses Warna Kuning

Bayi pada saat pertama kali mengeluarkan feses akan berwarna hitam dan juga lengket. Bayi yang cukup ASI akan membuat warna fesesnya berubah dan tidak hitam lengket lagi. Namun, warna feses bayi yang mendapatkan ASI cukup akan berwarna kehijauan dan perlahan berubah menjadi kuning dan berair akibat cairan ASI.

Bayi yang sehat akan melakukan pembuangan feses sebanyak sehari sekali sehingga harus Anda pastikan bahwa buah hati Anda melakukan buang air besar pada waktunya.

9. Urine Bayi Jernih

Bayi yang cukup ASI adalah bayi yang tidak mengalami dehidrasi sehingga urine yang dikeluarkannya akan berwarna jernih. Bahkan jika berwarna gelap, bisa dikatakan bahwa bayi tersebut mengalami dehidrasi dan tidak mendapat cairan yang cukup.

Buah hati Anda adalah seseorang baru yang terpenting dalam hidup Anda. Salah satu hal yang dibutuhkannya adalah ASI yang bisa menyehatkan badan bayi Anda. Selain itu, ASI yang cukup akan membuat hubungan bayi dan ibu semakin dekat karena sering melakukan skin to skin dengan baik.

Demikian informasi tentang tanda bayi cukup ASI, semoga berfaedah. Silakan share. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel