Wajib Tahu! Inilah Cara Menyimpan Ikan di Kulkas yang Benar

Berfaedah.com - Kesegaran ikan sangat didambakan oleh para pecinta hewan air yang enak dimakan dengan nasi ini. Yang menjadi perhatian adalah apakah ikan Anda disimpan dengan benar? Anda harus mengetahui cara menyimpan ikan di kulkas dengan benar agar kandungan ikan tersebut tidak hilang.

Cara Menyimpan Ikan di Kulkas dengan Benar

cara-menyimpan-ikan-di-kulkas
Foto by radio.com
Menyimpan ikan dengan benar di kulkas akan menjaga kandungan ikan, ikan akan terasa lebih segar, dan kualitasnya masih baik dengan melihat kekenyalannya dan matanya yang masih bening. Berikut adalah cara menyimpan ikan favorit Anda.

1. Lakukan Pembersihan Sebelum Menyimpan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan ikan dari kotoran yang menempel di permukaan kulitnya. Selain itu, bagian insang dan perut dalamnya harus Anda keluarkan agar tidak mengkontaminasi bagian daging dan tulangnya.

Cucilah ikan dengan air mengalir hingga bersih. Dan untuk menghilangkan bau amisnya, Anda bisa memberikan air jeruk nipis atau lemon ke seluruh tubuh ikan.

2. Gunakan Wadah Tertutup

Ikan yang sudah Anda bersihkan dengan maksimal hingga bau amisnya hilang harus Anda simpan pada wadah yang tertutup. Anda bisa menggunakan wadah apa saja seperti baskom bertutup, toples, atau kotak makan siang.

Selain itu, menyimpannya pada plastik dan alumunium foil juga bisa Anda lakukan namun Anda harus pastikan bahwa ikan Anda tidak hancur ketika di masak nantinya karena menyimpan pada wadah yang tidak baik.

Simpanlah ikan sedikit demi sedikit pada wadah yang tepat karena menyimpan ikan dalam jumlah banyak pada satu tempat akan membuatnya lama membeku dan lebih cepat membusuk karena suhu yang didapatkan kurang.

3. Simpanlah dalam Freezer

Freezer merupakan tempat yang paling tepat untuk menyimpan ikan segar karena memiliki suhu yang paling ekstrem. Suhu dalam freezer bisa membekukan ikan hingga mengeras seperti es yang berarti dapat bertahan hingga berhari-hari bahkan juga bisa berminggu-minggu.

Suhu kulkas atau freezer yang cocok untuk ikan adalah 4 derajat celcius atau kurang dan bisa Anda turunkan hingga minus 17 derajat celcius untuk menjaga suhu beku freezer untuk ikan.

Jangan memindahkan ikan ke bagian kulkas biasa karena suhunya kurang dingin yang akan membuat ikan Anda cepat membusuk dan tidak segar lain. Oleh karena itu, pastikan freezer Anda terbebas dari bahan makanan lain dan khususkan untuk menyimpan ikan segar saja.

4. Jangan Menyimpan Ikan Bersama Makanan Bau Menyengat

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa khususkan freezer untuk menyimpan ikan segar saja. Hal tersebut dikarenakan apabila ikan disimpan bersama dengan makanan berbau menyengat yang lainnya akan membuat bau ikan semakin tidak sedap dan terkontaminasi oleh bau makanan yang lain.
Selain itu, hal tersebut untuk melindungi makanan lain tersebut dari bau ikan yang amis dan tidak sedap. Agar ikan Anda bisa bertahan lama dalam freezer maka Anda harus menyimpannya secara terpisah dan dengan wadah yang tepat.

Baca Juga: Cara Merawat Kulkas

5. Jangan Membekukan Ulang Ikan

Saat akan memasak ikan ambillah secukupnya dan jangan melakukan pembekuan ulang ikan yang dicarikan. Hal tersebut ditakutkan bahwa ikan yang sudah dicairkan cepat membusuk sehingga tidak akan baik jika diletakkan pada freezer untuk kesekian kalinya.

Menjaga ikan agar tetap segar pastinya menjaga kandungan dalam ikan. Oleh sebab itu, saat ingin memakan ikan dengan harapan mendapatkan kandungan yang baik dan tepat maka gunakanlah cara menyimpan ikan di kulkas dengan tepat dan benar untuk menjaga kandungan baiknya dan sehat untuk badan dan otak Anda.

Demikian informasi tentang cara menyimpan ikan di kulkas. Semoga berfaedah.