Inilah Pemandangan Indah di Ujung Goa Tirta Mulya Bandungan

Berlibur adalah salah satu kegiatan yang tentunya paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Terutama bagi mereka yang sudah terasa penat dengan pekerjaan dan rutinitas sehari-harinya. Salah satu destinasi wisata alam terbaik yang harus Anda coba datangi adalah Goa Tirta Mulya.

Menurut sejarah, nenek moyang kita dahulu memang selalu tinggal di dalam gua. Namun sekarang gua sudah menjadi tempat wisata yang menarik bagi banyak orang. Itulah sebabnya, Goa Tirta Mulya telah menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi.

gambar-goa-tirta-mulya-sidomukti-bandungan

Lokasi

Goa tirta mulya ini tepatnya berada di desa wisata yang bernama Sidomukti. Selain itu, wilayahnya juga berada di kawasan sekitar gunung Ungaran Semarang Jawa Tengah. Alamat tepatnya tempat wisata di Semarang ini yaitu di Jimbaran, Kecamatan Bandungan Semarang. Lokasi tepatnya goa ini yaitu berada di atas Resto yang bernama Pondok Kopi.

Rute menuju lokasi gua, hampir sama dengan rute yang menuju ke tempat wisata Umbul Sidomukti. Karena lokasi gua ada di atas tempat wisata Umbul Sidomukti Semarang. Kemudian Anda bisa terus lurus dengan menyusuri jalan yang telah tersedia di sana. Sebelumnya, Anda akan melewati taman dan Pondok Kopi dahulu. Sehingga, Anda bisa mampir dahulu di Pondok Kopi tersebut.

Harga Tiket Masuk (HTM)

Untuk harga tiket masuknya sendiri, sebenarnya cukup murah. Harga tiket masuknya murah meriah dan cocok untuk segala kalangan, yaitu Rp.10.000,- per orang. Untuk tiket masuk ke gerbang Umbul Sidomukti harganya hanya Rp.5000,- untuk motor. Saat masuk ke Pondok kopi Anda harus membayar Rp.5000,- per orang.

Harga tiket masuk untuk mobil adalah Rp.10.000,-. Sedangkan untuk harga tiket masuk weekday dan weekend ke Goa Tirta Mulya ini sama saja. Harganya masih Rp.10.000,-

Jam Buka

Bagi Anda yang penasaran jam buka dan tutup serta hari apa saja gua ini buka, berikut keterangannya :
  • Buka setiap hari dari Senin hingga Minggu
  • Jam buka 09.00 – 17.00
Sehingga, jika Anda berencana untuk berwisata di Tirta Mulya ini Anda bisa datang hari apa saja di jam-jam tertentu.

Fasilitas

Objek wisata alam yang satu ini berdekatan dengan objek wisata Umbul Sidomukti. Fasilitas yang terdapat di sana pun dikelola dengan baik oleh pihak wahana-wahana wisata yang ada di sana. Fasilitasnya terdiri dari :
  • Tempat Parkir
  • Mushola
  • Toilet
  • Warung penjual makanan/minuman
  • Penginapan

Goa Tirta Mulya


gambar-wisata-goa-tirta-mulya-semarang

Dilansir dari Pengindolan.com, Goa Tirta Mulya sebenarnya bukan gua asli yang berasal dari alam, melainkan hanya gua buatan manusia yang konsepnya dibuat menyerupai alam yang natural. Sehingga, gua ini termasuk ke dalam kategori tempat wisata alam. Tahun 2009 silam, gua ini dibangun dan menjadi salah satu tempat wisata terbaik di Semarang.

Pada bagian ujung gua terdapat pagar pembatas, yang dimana Anda bisa menikmati pemandangan indah lereng Gunung Ungaran dengan ketinggian sekitar 1200 mdpl. Lebar gua yaitu sekitar 3 meter sedangkan panjangnya sekitar 100 meter.

Wahana wisata yang berlokasi di Ungaran ini, akan dipenuhi oleh para wisatawan setiap kali hari libur tiba. Suasana di dalam gua ini terasa gelap dan sangat minim pencahayaan. Sehingga, Anda harus membawa senter atau alat penerangan lainnya yang bisa digunakan untuk melihat-lihat di dalam gua.

Namun, perjalanan menuju ke ujung gua tidaklah jauh. Setelah keluar dari sana, Anda akan disuguhi pemandangan yang sangat indah. Anda akan melihat air terjun yang sejuk dan hutan dengan pepohonan yang rimbun. Suasana alamnya pun sangat terasa, setelah Anda melewati kegelapan di dalam gua.

Demikian informasi tentang Goa Tirta Mulya. Semoga bermanfaat.